Sunday, 18 February 2018

Apa Itu Cinematography?? Dan Fotografi??


                                         Apa itu Cinematography?





 Hasil gambar untuk cinematography

Cinematography (dalam bahasa Indonesia dieja sinematografi) adalah sebuah teknik gabungan dari seni dan teknologi dari fotografi, melibatkan sejumlah skema dan pengaturan konfigurasi dalam pengambilan gambar yang tepat. Cinematography emngintegrasikan banyak efek spesial untuk menghasilkan sebuah karya yang diinginkan.
Awal perkambangan cinematography melibatkan hanya sedikit tenaga manusia dan teknik untuk menghasilkan karyanya. Cinematography awal berjalan pada awal abad ke-20 dimana teknik yang dikenal hanyalah:
  • Pengambilan gambar langkah demi langkah (step by step)
  • Pengambilan gambar detail dengan close-up
  • Pengaturan pengambilan gambar menggunakan pencahayaan yang sesuai
  • Pengaturan pengambilan suata menggunakan alat perekam suara yang diintegrasikan dengan gambar bergerak yang diambil
  • Serta banyak hal lainnya
Perbedaan cinematography dengan fotografi ada banyak, sesuai dengan yang sumber katakan, dalam fotografi, satu buah gambar tetap dapat dikatakan sebuah hasil karya bidang fotografi, tapi dalam cinematography merangkul serangkaian hasil tangkapan gambar (berserta suara dan dampak yang dihasilkan dari teknik yang digunakan) yang menjadi suatu kesatuan hasil karya yang utuh. Dari hal yang semacam ini yang dikembangkanlah muncul film dan berbagai jenis video lainnya yang kita sekarang dapat nikmati.
 

 SEDANGKAN


FOTOGRAFI 
 Istilah Fotografi tentunya sudah tak asing lagi dalam kehidupan sehari-hari. Akan tetapi sebagian besar orang tidak tahu secara detailnya apa yang dimaksud fotografi itu. Hanya sebatas bermain dan mengambil sebuah gambar ataupun objek dengan kamera, baik itu kamera pocket, SLR, DSLR,  maupun pada kebanyakan saat ini banyak yang menggunakan kamera dari HP ataupun kamera lainya yang umum di pasaran
Dalam kamus bahasa Indonesia pengertian fotografi adalah seni atau proses penghasilan gambar dan cahaya pada film. Pendek kata, penjabaran dari fotografi itu tak lain berarti “menulis atau melukis dengan cahaya”. Tentunya hal tersebut berasal dari arti kata fotografiitu sendiri yaitu berasal dari bahasa Yunani, photos (cahaya) dan graphos yang berarti tulisan. 
 Hasil gambar untuk CARA KERJA KAMERA DSLR

 
Bila dalam seni lukis yang dipakai gambar dengan menggunakan media warna (cat), kuas dan kanvas. Sedangkan dalam fotografi menggunakan cahaya yang dihasilkan lewat kamera. Tanpa adanya cahaya yang masuk dan terekam di dalam kamera, sebuah karya seni fotografi tidak akan tercipta.


    

0 komentar:

Post a Comment